Senin, 11 April 2016

True Love
Part 13
----------
By. Aby Anggara
========================

*-*-*

Ya Tuhan... Dada gue kerasa sesek banget, kenapa harus Anton yang suka ama Raihan? Gue sekarang pen banget marah ama Anton, tapi di awal gue udah terlanjur janji kalo apapun yang akan di omongin ama Anton gue gak bakalan marah. Sumpah gue gak tau kalo Anton mau ngomongin masalah ini.

Sejak kehadiran Tante Nisa dan anak-anaknya di rumah ini hidup gue langsung berubah drasti. Semuanya berubah. Perhatian Nyokap ke gue mulai terbagi, perhatian Bokap ke gue juga diemikian. Satu lagi, Kak Alex juga terlihat berubah. Jangan pernah nanya Oma, karna Oma emang gak pernah perhatian ama gue. Gue masih inget banget waktu makan malem pertama bareng Tante Nisa dan anak-anaknya, Kak Alex sma Oma selalu berpihak ama Amel dan juga Anton. Semua berubah, kecuali Raihan pada waktu itu. Namun akhir-akhir ini Raihanpun demikian, ia mulai lebih di sibukan dengan urusannya Anton. Dan kalian tau bagai mana perasaan gue setelah semua telah menjadi berubah? Jujur gue gak bisa gambarin buat sekedar ngasih sebuah ibarat atau umpama buat ngejelasin tentang isi hati gue. Yang gue bisa cuma nahan rasa sesak karna mulai terabaikan.

Kenapa begitu sulit ngejalani kisah cinta gue ama Raihan. Gue tau hubungan kita terlarang, tapi seenggaknya beri kita kebahagiaan buat sekarang, walau gue tau pada akhirnya kita gak bakalan bisa bersatu. Gue gak mudah jatuh cinta pada orang lain jika gue udah ngerasa nyaman ama seseorang. Cuma Raihan satu-satunya orang yang bisa ngebuat gue nyaman, merasa di cintai dan bisa buat gue selalu kangen ama dia. Tapi, setelah hampir dua tahun gue ama Raihan ngejalani hubungan ini dengan susah paya, sekarang seolah waktu dua tahun itu tak pernah berarti. Apakah Raihan bukan cinta sejati gue? Please jangan bilang iya.

Gue masih bingung sekarang, gue juga gak tau musti ngomong apa ama Anton.

"Kak Kevin kok malah nangis, maafin Anton kalo Anton udah buat Kakak kecewa" Anton masih natap gue, dia bangkit dari tempat duduknya dan ngambilin tisu yang ada di atas meja. Sekarang Anton diri di samping gue, tangan kanannya nyodorin dua lembar tisu buat gue. Gue noleh tisu yang masih dia pegang, terus gue natap mukanya Anton yang sekarang keliat lagi ngerasa bersalah. Asal lo tau Ton, gue nangis bukan karna kecewa ama orientasi seksnya dia yang menyimpang, tapi gue nangis karna gak rela kalo nantinya Raihan bener-bener bakalan berpaling dari gue.

Pelan-pelan gue sambut tisu yang di pegang ama Anton pake tangan kiri gue. Gue ngelap mata gue yang udah basah dari tadi. Pelan-pelan Anton duduk lagi di ranjang, tapi sekarang dia duduknya lebih deket dari gue.

"Kak maafin Anton, Anton gak bermaksud buat Kak Kevin sedih. Apalagi ampe nangis gini"

Anton sekarang masih natap gue. Gue bisa liat di mukanya rasa bersalah dia yang sekarang semakin besar. "Kalo Kak Kevin sedih gini berarti Kak Kevin gak setuju ya kalo Anton pengen ngejalin hubungan ama Kak Raihan?"

Setiap Anton nyebut nama Raihan, dada gue kerasa pedih, kaya ada luka goresan yang di siram pake air garam. Gue gak tau kenapa, tapi gue baru ngerasain rasa perih itu sekarang. Sekarang gue pen banget ngomong sesuatu ama Anton, tapi bibir gue kerasa berat banget buat di gerakin. Kevin please lo pasti bisa!

Bibir gue mulai bergetar, dan sekarang sudah terpisah antara bibir bawah dengan bibir atas. "Gak Ton, lo gak boleh nyerah gitu. Gue yakin kalo Raihan pasti suka juga ama lo"

Itu kalimat pertama gue yang terucap dengan mudahnya setelah gue diem hampir setengah jam. Pas gue ngucap kata-kata itu terasa sangat enteng, tapi setelah mulut gue diem, dada gue semakin kerasa sesek. Kenapa dengan mudahnya gue bisa ngomong kek gitu? Gue gak sanggup kehilangan Raihan Ya Alloh...

"Kak Kevin setuju kalo Anton jalin hubungan ama Kak Raihan?" Anton ngomong pake nada penuh antusias. Pala gue ngangguk dengan sendirinya. Kayaknya hati ama gerakan gue udah gak singkron banget.

"Kak Kevin beneran gak marah?"

Gue ngangguk lagi.

"Makasih ya, Kak" sangking senengnya sekarang Anton meluk gue, pelan-pelan gue juga ngebales pelukannya Anton. Seumur-umur baru kali ini gue ngerasa deket ama Anton. Kalo biasanya jangankan mau pelukan, deketan aja gue selalu ngedumel dan marah gak jelas ke dia. Gue ngusap bahu Anton pelan, Anton langsung lepasin pelukannya dan sekarang dia natap muka gue. Bola mata Anton sekarang keliatan berkaca, gue juga gak tau itu air mata bahagia atau apa. Pelan -pelan kedua tangan Anton ngapus sisa air mata yang ada di pipi gue pake ibu jari dari masing-masing tangannya.

"Kak Kevin jangan sedih lagi ya, Anton gak mau liat air mata Kakak jatuh lagi"

Gue ngangguk. "Sekarang Anton bobok ya, udah malem"

Sekarang gantian Anton yang ngangguk. "Malam ini boleh gak Anton tidur di kamar Kakak? Dari dulu Anton pengen banget tidur bareng Kak Kevin" sekarang Anton masih natap gue penuh harap. Anton memang anak sulung, mungkin dia lagi butuh perhatian dari seorang Kakak. Dan gue sebagai Kakak harus memberikan perhatian yang memang sudah seharusnya ia dapatkan dari gue. Bukan hanya itu, mungkin gue juga bakalan ngasihi dan nyayangi dia seperti gue nyayangi diri gue sendiri.

"Yaudah tidur di sini juga gak papa kok"

Anton langsung senyum dan baring terlentang di ranjang gue. Gue masang selimut sampe ke dadanya dia, abis itu gue ikutan baring di sebelah kanan Anton.

"Selamat tidur ya Kak, semoga mimpi indah" selesai ngucapin kata itu Anton berubah posisi miring dan tangan kirinya ngelingkar di atas perut gue. Gue noleh dan senyum. Gue ngusap kening dia, dan secara bersamaan tangan gue mengenai rambut poninya Anton.

Sekarang kedua mata Anton udah ketutup rapet. Gue ngangkat pala gue dan naro dua telapak tangan gue di bawah kepala gue. Sekarang kedua ketiak gue kebuka, mata gue yang tadinya udah ngantuk sekarang malah gak bisa di pejemin. Gue gak tau apa kisah cinta gue ama Raihan bakalan berakhir sampe di sini, tapi jujur sampe kapanpun gue gak bakalan bisa ikhlas ngelepasin Raihan dari hati gue.

*-*-*

Sudah hampir satu minggu gue selalu ngindar dari Raihan. Gue lakuin ini bukan karna gue gak sayang lagi ama dia, tapi gue lagi berusaha buat biasain jalani hari-hari gue tanpa dia. Kalo di bilang nyesek emang bener-bener nyesek, gue udah kaya ikan yang di taro di darat. Sesek banget karna gak bisa napas.

Setelah beberapa malem semenjak Anton nyatain perasaanya kalo dia suka ama Raihan, gue bener-bener ngerasain sesek, tapi di saat yang bersamaan gue jadi sayang sama Anton dan gak mau buat dia sedih. Entahlah gue juga bingung ama diri gue sendiri. Dari dulu gue itu benci banget ama yang namanya Anton, jangankan mau perhatian ama dia, ngomong aja kalo gue gak perlu gue males banget. Tapi sejak pengakuanya malem itu, secara total ngerubah sikap gue ke dia. Gue bahkan gak mau bilang ke Anton kalo gue adalah pacarnya Raihan, gue gak sanggup kalo dia bakalan kecewa dan memupuskan harapannya dia. All hasil, gue lebih milih mengalah, gue sekarang malah berperan bener-bener jadi seorang Kakak yang baik buat dia, perhatian dan juga sayang layaknya saudara kandung gue sendiri.

Jangan tanya tentang perasaan gue sekarang, gue gak ada kekuatan buat nyeritain ama kalian. Kalo sudah gini, kalian tau kan bagaimana perasaan gue sekarang? Yaps.. Yang bisa ngerti hanya orang-orang yang bisa mengartikan setiap kalimat yang udah gue paparkan di atas. Baca dan pahamilah artinya! Maka kamu akan mengetahui maksud dan tujuan isi dari tulisan tersebut. Janganlah terburu-buru dalam membaca setiap tulisan hanya karna kalian ingin sampai di akhir lebih awal, tidak membacanya itu akan lebih baik dari pada membaca tapi 'tidak mengetahui isi dari bacaan tersebut'. Orang yang membaca tanpa memahami artinya sama saja orang yang makan tanpa mengunyah.

Gue terdampar di ranjang tempat tidur gue, sekarang kehidupan gue berubah 90 derajat. Biasanya hari-hari gue selalu di hiasi dengan senyuman dan kebahagiaan oleh kehadiran Raihan, namun sekarang sudah gak lagi. Bukan karna Raihan sudah berubah, tapi gue yang selalu ngindar dari dia.

Gue baring ngurep. Hp gue dari tadi selalu dering, Raihan kaya yang gak pernah bosen nelponin gue mulu, tapi gue gak pernah ngangkat telepon dari dia.

Pintu kamar gue tiba-tiba kebuka, siapa lagi kalo bukan Amel yang gak pernah ngetok dulu kalo mau masuk, selalu nyelonong aja ni anak. Pipi tembemnya langsung nyengir pas dia udah nutup pintu kamar gue lagi, rambut tebalnya yang lurus dan jatuh seolah ngebuat dia keliat tambah mempesona. Rambutnya Amel itu kaya cewek yang di iklan shampo lifeboy.

Gue langsung pasang muka meles gue, gue udah apal bangat kalo dia pasti bakalan ngebuat idup gue kaga pernah ngersain yang namanya nyaman. Sangking bosennya ama ni anak, gue udah males banget kalo udah deket-deket ama dia, mending gue tarik selimut sampe nutupi pala gue.

"Is Kak Kevin kok gitu sih, Amel datang bukanya seneng malah di cuekin"

Gue denger Amel ngedumel pake nada keselnya, lagian siapa juga yang ngarepin kedatanganya dia. Gue ogah kali. Gue itu pen banget ngunci pintu kamar gue biar Amel gak bisa sembarangan masuk ke kamar gue, tapi malesnya kalo Oma yang dateng gue harus repot-repot bukain pintu. Jadi gue lebih milih gak nguncinya sama sekali.

"Kak Kevin..."

Amel manggil gue pake suara geremnya, bahkan dia juga narik-narik selimut gue, tapi dari dalem selimut gue juga megangin ni selimut biar gak lepas. Dasar cewek aneh, tenaga kuat banget sampe gue yang udah gak kuat akhirnya nyerah dan ngebuka selimutnya tapi cuma di bagian kepala doang.

"Apaan sih" serga gue, Amel nyengir.

"Kak Kevin kenapa sih sekarang jadi jutek banget?"

Ni anak kok lola banget ya mikirnya, gue jutek ama dia dari dulu kali. Dianya aja yang gak pernah nyadar. Dan gue jutek ke dia bukan tanpa alasan, itu karna sifatnya dia yang selalu ngebuat gue kesel dan juga dongkol.

"Terserah gue dong, badan-badan gue ini" gue langsung benerin posisi gue yang sekarang jadi senderan. Gue langsung sibuk ngotak-ngatik hp gue.

"Ih... Kak Kevin kok ngeselin banget sih" Amel sekarang duduk ngebelakangi gue dengan kedua tangan di lipetin di dada.

"Terus gue musti gimana?" gue ngomong ke Amel tapi mata gue masih sibuk liatin layar hp yang isinya adalah Raihan yang lagi nge BBM ke gue, tapi gue cuma read doang dan gak gue bales.

"Ya harusnya Kak Kevin itu dengerin, Amel mau cerita tau ama Kakak"

"Emang penting ya gue ngedengerin cerita lo?" sekarang gue makin nyolot. Amel garuk-garuk rambutnya prustasi.

"Kak Kevinnnnn" Amel semakin geram, gue tutup kuping gue pake tangan masing-mansing. Gila ni anak kalo udah treak suaranya udah kaya gunung yang lagi meletus aja dah.

"Lo mau cerita apaan sih?" ujar Gue yang akhirnya ngalah, dia malah senyum yang kayaknya udah ngerasa menang. Amel benerin posisi duduknya, sekarang kakinya bersila di atas tempat tidur gue. Sumpah dah ni cewek kaga ada manis-manisnya, kalo gue straight juga gue kaga bakalan naksir ama dia.

"Amel sedih Kak, kayaknya Kak Riski ama Kak Anton gak jodoh deh. Amel udah dua kali nyuru mereka tidur berdua, tapi kata Kak Riski mereka gak ngapa-ngapain. Amel nanya ama Kak Anton juga jawabannya sama, gimana gak sedih coba?"

Sumpah dah gue yang tadinya bener-bener galau dan badmood sekarang jadi nahan tawa gegara curhatan si kampret Amel. Selain ngeselin dia juga bisa buat gue ketawa kalo gue lagi galau gini.

"Iss Kak Kevin ngeselin banget sih, bukanya bantuin malah ketawa" Amel cemberut sekarang.

"Abisnya lo yang aneh, emang lo ngarepnya mereka mau ngapain?"

"Ya kaya gitu deh"

Is ni anak kaga jelas banget sih, lagian Anton udah suka ama Raihan kali, dasar ketinggalan informasi banget.

"Eh.. Gimana hubungan Kak Kevin ama Kak Raihan, kok Amel gak pernah liat Kakak dua-duaan lagi ya?"

Gue yang tadinya udah lupa dan ketawa-ketawa sekarang jadi pasang muka cemberut lagi, sumpah gue males banget ngebahasnya.

"Mendingan lo balik ke kamar lo aja deh, gue ngantuk!"

"Yaelah, baru juga jam 8 kali Kak"

"Tapi gue beneran ngantuk"

"Tapi Amel belum selesai cerita ama Kak Kevin"

"Besok lagi aja, buruan keluar gue beneran ngantuk"

Malem ini tumben Amel gak ngeyel, tapi dia pergi sambil mulutnya ngedumel yang suaranya kaga kedenger jelas, jadi gue kaga tau dia ngomong apaan.

Sekarang kamar gue jadi sepi lagi. Bukan cuma kamar, hati gue juga kerasa sepi banget kaga ada kehadiran Raihan lagi. Sebenernya bukan kaga ada, tapi gue yang nganggepnya kaga ada. Gue gak tau sampai kapan gue sanggup ngehindar dari dia, mungkin sampai Raihan bosan dengan sendirinya kali. Gue lirik hp gue yang satunya di atas meja. Hp yang selalu ada sms teror yang gue kaga tau siapa pelakunya, bodohnya gue gak pernah kepikiran kalo pas lagi deket ama Iko, mungkin kalo gue nanya langsung ke dia gue bakalan dapetin jawaban. Walau bukan jawaban seenggaknya gue dapetin petunjuk.

Sekarang udah malem, gue juga udah capek. Bukan capek fisik, tapi capek fikiran. Sekalipun gue susah buat tidur, gue bakalan maksa pejemin mata gue buat tidur sekarang. Gue buka BBM Raihan dulu, terus ngucapin selamat malem. Bukan gue ngirim BBM ngucapin selamat malem ke Raihan, tapi gue cuma ngucapin selamat malem dari mulut gue sambil liatin DPnya dia. Kayaknya dia lagi bener-bener sedih, DP nya gambar kata seseorang yang lagi duduk prustasi sambil berserakan botol minuman di sebelahnya. Di gambar itu juga ada teks AKU LEMAH TANPAMU dengan huruf besar warna putih polos. Tapi gue yakin kalo Raihan gak bakalan ngelakuin hal kaya gitu, gue tau banget siapa dia. Beberapa malam berturut-turut Raihan juga selalu datang kesini cuma mau ketemu gue, tapi gue selalu gak mau nemuin dia.

*-*-*

Pagi ini Anton udah rapi dengan seragam sekolahnya dan duduk manis di tempat tidur gue, dia lagi nungguin gue yang lagi pake baju sekolah gue, seperti bias kita mau berangkat ke Sekolah sama-sama. Hampir seminggu ini gue memang udah akrab banget ama Anton, bahkan dia sekarang udah gak takut lagi kaya biasanya. Dia malah sering manja ke gue. Gue tau sekarang dia pasti seneng banget dengan perubahan sikap gue yang belakangan jadi hangat, karna selama ini gue tau banget kalo dia memang pengen deket ama gue kayak dia deket ama Kak Alex. Tapi sekarang malah gue ama Anton lebih deket dari pada Anton ama Kak Alex.

Gue ngedenger hp berdering, tapi bukan hp gue. Itu suara hpnya Anton.

Anton langsung ngejawab panggilan yang lagi masuk di hpnya.

"Halo, Kak?"

".........."

"Masih di rumah"

".........."

"Ada Kak"

"..........."

Sekarang Anton natap gue, kayaknya gue tau siapa yang nelpon dia, pasti si Raihan.

"Kak Raihan mau ngomong ama Kak Kevin"

Anton ngejauhin hpnya dan juga ngomong bisik-bisik ke gue.

"Bilang aja lagi mandi!" gue juga ikutan bisik-bisik. Anton keliatan ragu, pelan-pelan dia ngedeketi hp ke kupingnya lagi.

"Em.. Kak Kevinnya lagi mandi, Kak"

"............"

"Iya, Kak"

Anton sekarang nurunin hp dari kupingnya tanda udah selesai nelpon. Sekarang mukanya dia keliatan bingung liatin muka gue.

"Akhir-akhir ini Kak Raihan sering nanyain Kak Kevin, memangnya kalo boleh tau Kak Raihan ada salah apa sampe Kak Kevin selalu ngindar?"

Gue senyum terus jalan ngambilin tas gue. "Sekarang kita berangkat ya, tar kita telat" Anton gak perotes pertanyaan dia gak gue jawab, dia ikutan ngintil aja di belakang gue.

*-*-*

Kalo jam istirahat datang, gue cepet-cepet keluar kelas sebelum Raihan nyamperin gue, abis itu langkah gue selanjutnya adalah matiin hp gue biar gak berisik. Gue sekarang jalan nuju belakang sekolah, lebih tepatnya gue sembunyi kayaknya.

Nyesek itu ketika kita pura-pura kuat, padahal hati kita sebenernya lemah. Gue udah bener-bener kaga tau gimana ngejelasin ama Raihan, sampe sekarang saja dia belum tau kenapa gue ngindarin dia. Mungkin dia sempet mikir kalo gue udah gak sayang lagi ama dia, padahal sedikitpun rasa sayang gue ke dia gak akan pernah berkurang, apalagi berubah.

Gue nangis lagi sekarang, di sini gue rasa cukup aman gak bakalan ada yang liatin gue. Dada gue masih kerasa sesek banget, gue bener-bener gak kuat kalo mesti teru-terusan pura-pura gini. Sampe kapan derita ini bakalan ngampirin idup gue? Gue bener-bener udah gak kuat. Gue gak bisa mutusin Raihan, tapi gue juga gak bisa jujur ke Anton tentang hubungan gue ama Raihan. Ya Allo... Gue udah kaya di kasih buah simalakama, pilihan yang keduanya gak bisa gue pilih.

Tiba-tiba selembar tisu udah ada di depan muka gue, gue bukanya ngambil tu tisu malah liatin tangan siapa yang ngasih tisu ke gue. Gue ngedongak ke atas, gak tau sejak kapan Iko udah diri di depan gue.

"Jangan nangis, hapus air matamu sekarang!" Iko senyum sambil ngedeketin lagi tisu yang dari tadi belum gue pegang. Dengan tangan ragu gue nyambut tisu itu, Iko sekarang duduk di samping gue. "Kenapa lo nangis?"

Gue masih diem dan masih sibuk ngelap mata gue.

"Gue gak papa kok, Ko"

Iko senyum tipis di bibirnya. "Kalo lo gak papa, gak akan ada air mata yang keluar sekarang" gue diem lagi, dalem ati gue ngaku sih yang di omongi Iko emang bener.

"Memangnya gue harus cerita ama, lo?"

Iko noleh gue. "Gak harus sih, tapi kalo lo gak keberatan lo boleh kok cerita ke gue, dan gue bakalan dengan senang hati ngedengerinya"

"Maaf gue gak bisa cerita ke, lo"

"Yaudah gal papa, gue gak bakalan maksa. Oya temenin gue makan, gue lagi laper"

"Maaf gue juga gak bisa"

"Pokoknya kali ini lo gak boleh nolak, gue traktir deh" Iko tanpa mau ngedengerin jawaban gue langsung aja narik tangan gue secara paksa, gue yang lagi males akhirnya nurut aja ngikutin langkahnya dia. Walau di traktir gue sebenernya ogah kali, gue kan gak lagi laper. Gimana mau laper, gue kan lagi galau. Sekalipun laper pasti kaga ada nafsu buat makan.

Sampe di Kantin gue ngerasain ni dada semakin sesek, gue dari agak jauh liat Raihan lagi makan ama Anton, dan mereka ketawa-ketawa. Kira-kira tadi Raihan nyari gue apa kaga ya? Gue liat keakraban mereka samakin hari semakin deket, kayaknya Raihan udah bahagia ama Anton. Tuhan.. Kenapa gue gak bisa ikhlasin Raihan buat orang lain. Mata gue sekarang kerasa panas, air mata gue kayaknya keluar lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar