Kamis, 14 Januari 2016

KAKA ANGKATKU
Part 03
By: Aby ILham Anggara

--

--BIMA POV--

Mama dan papa masih saja sibuk mencari Putra di sekitar rumah. Ah kenapa sih putra sudah pergi saja masih di cari sampe segitunya, apak kalo aku hilang juga bakalan di cari seperti ini juga? Aku memutar bola mata dan bangun dari tempat tidurku.

"Bima ayo ikut papa cari Putra kasihan dia kan dia udah gak punya siapa-siapa lagi" ucap papa saat aku baru saja duduk di ruang tengah.

"Tapi pa-"

"Sudah jangan banyak protes mumpung belum lama semoga saja belum jauh" paksa papa padaku.

Aku hanya bisa nurut saja omongan papa, aku melangkah mengikuti papa. Ternyata papa dan mama mau mencari Putra menggunakan mobil.

Di dalam mobil aku duduk di belakang sedangkan mama dan papa duduk di depan. Aku hanya diam tak bersuara. Semoga saja mama dan papa tak tau kalo Putra pergi gara-gara gue, kalo tau bakalan kena damprat ni sama papa.

"Pa ayodong cepet sedikit, kita harus temuin Putra pa kasian dia gak punya siapa-siapa dan dia mau tidur dimana coba malam-malam gini" mama terlihat sangat panik, aku jadi semakin takut kalo ketahuan.

Aku harus terlihat setenang mungkin dan aku gak boleh terlihat gugup. "Iya ma sabar ini juga papa sudah ngebut dan papa juga panik nih mau nyari Putra kemana lagi ma?"

Sudah satu jam aku, mama dan papa berkeliling memutari jalan raya ini dan Putra pun tak ada tanda-tanda di temukan. Ah dasar anak gembel bisanya nyusahin doang.

"Ma kita pulang aja dulu ya, ini sudah malam besok kita lanjutkan pencarian putra" suara papa memecahkan keheningan.

"Tapi kasian Putra pa dia tidur di mana malam ini, dari tadi mama telfon tapi gak di angkat-angkat, apa hp nya jatuh kali ya pa?" tanya mama dengan suara isak.

"Papa juga gak tau ma kenapa Putra gak mau angkat telfon dari kita, apa dia marah dengan kita ya? Perasaan tadi pagi waktu sarapan Putra baik-baik saja tak ada masalah" ucap papa heran. Mama dan papa ternyata segitu sayangnya ya sama Putra kasian mama sampe nangis gitu, aku juga gak mungkin jujur ke mereka.

"Tadi juga mama telfon ke sekolah katanya Putra gak masuk sekolah pa" jelas mama ke papa.

"Loh bukanya tadi pagi Putra sudah pake seragam sekolah ma?" tanya papa lagi.

"Ya makanya itu yang buat mama bingung pa"

Hari sudah semakin malam, papapun memutar balikkan arah mobilnya. Walau ku tak melihat jelas wajah mereka, namun dapat kurasakan kekecewaan mendalam yang sedang mereka rasakan.

* * *

Aku membaringkan tubuhku terlentang di ranjangku dengan sepuluh jari tangan kujadikan bantal di kepalaku. Aku menatap langit-langit kamarku dengan tatapan sedu. Si Putra kok bisa nekat gini ya? Gue gak nyangka kalo yang dia ucapkan tadi pagi adalah beneran. Dasar bisanya nyusahin aja sih tuh anak. Ah kenapa gue jadi mikirin tuh anak sih, bukanya bagus kalo dia pergi dari rumah?

Bima stop! Jangan mikirin anak gembel itu lagi ya!! Agggrrhh aku meremas rambutku merasa tak percaya. Akupun bangkit dan duduk di bibir ranjang, menoleh kearah meja belajar Putra. Perlahan kuampiri dan aku duduk di kursi yang biasa diduduki oleh Putra. Kulihat buku di atas meja ini sangat tersusun rapi. Putra memang anak yang rajin, baik, sopan dan juga pintar, wajar saja kalo banyak orang yang iri padanya. mataku tertuju pada sebuah buku berwarna merah dan bergambar donal bebek. Segera ku raih dan kubuka. Di halaman pertama kulihat gambar pemandangan sawah yang sangat indah. Banyak para petani yang sedang menanam padi. Kulihat aliran air yang sangat indah dan burung-burung pun berterbangan di atas awan putih.

Kulanjutkan kubuka halaman berikutnya dan ada gambar gue, mama, papa dan Putra. Karna di setiap gambar disini di tulis nama masing-masing. Di bawah gambar itu ada tulisan yang lumayan panjang, kulihat dan kubaca dengan rasa penasaran.

"Ma, Pa, Kak Bima. Putra seneng banget bisa berkunpul menjadi bagian dari keluarga kalian, Putra jadi merasa seperti berkunpul dengan keluarga Putra sendiri. Karna mama dan papa sangat sayang dan perhatian sama Putra. Ya walau kak Bima sikapnya masih dingin ke Putra, tapi Putra tetap sayang kok sama Kak Bima, karna dari dulu Putra pengen banget ngerasain yang namanya punya kakak, karna Putra anak sulung jadi belum pernah dan gak bakalan pernah punya kakak kandung. Tapi Putra sayang ko sama kalian semua! Kak Bima Putra yakin ko suatu saat nanti kakak pasti akan berubah dan bisa nerima Putra, karna Putra sayang banget dengan keluarga ini. Sama mama, papa dan juga kak Bima. Kak, Putra sayang sama kakak"

Air mataku tanpa terasa menetes dengan sendirinya, ternyata selama ini sikap gue sudah sangat keterlaluan sama Putra, kakak macam apa gue? Put kak Bima janji, kak Bima besok akan cari kamu dan kak Bima pasti akan nemuin kamu. kaka akan bawa kamu pulang kerumah ini. Hati kak Bima sedih Put setelah baca catatan kecil ini, dan kakak kangen sama Putra

Sumpah baru kali ini gue nangis karna merasa bersalah dan kangen dengan seseorang. Biasanya gue selalu jahat ke orang, apa lagi ke cewek biasanya gue selalu PHP in mereka. Tapi kali ini beda, gue bisa ngerasain bener-bener kehilangan sosok orang yang biasanya tiap hari gue marahin dan gue benci. Gue nyesel dan ngerasa bersalah banget sama adik ku Putra.

* * *

Pagi ini aku masih ngantuk, mataku masih terasa berat untuk ku buka. Kulihat jam dinding sudah menunjukan pukul 05:45. Dengan rasa sangat malas aku menyeret kakiku menuju kamar mandi.

"Pagi ma, pa" sapaku ramah saat aku baru sampai di meja makan. Kulihat mama dan papa masih memikirkan Putra, karna terlihat tanpak jelas wajah kusut mereka pagi ini.

"Pagi juga sayang" Ucap mama dengan memaksa senyum

"Mama dan papa kenapa kelihatan sedih gitu? Ma, pa jangan khawatir ya nanti sepulang Sekolah Bima bakalan langsung cari Putra kok, oya ma minta nomor hp nya Putra dong biar memudahkan Bima saat pencarian nanti". Mama dan papa saling berpandangan melihat tingkahku yang kontras dari biasanya dan aku yakin mereka pasti pasti sangat bingung melihat sikapku saat ini.

"Kamu gak salah ngomong kan Bim?" tanya mama penasaran. Aku hanya tersenyum kecil dan melanjutkan mengambil nasi goreng ke piringku.

"Kok sikap kamu aneh banget Bim, biasanya kan kamu gak pernah peduli sama Putra?" kali ini papa juga ikut penasaran dengan sikapku. Tapi kenyataanya memang iya sih sikapku dari salam memang aneh.

"Ma, pa, semenjak putra kabur dari rumah, Bima ngerasa kesepian banget dan Bima kangen sama Putra, makanya nanti sepulang sekolah Bima akan langsung cari Putra pa" mama dan papa menyerutkan kening saat mendengarkan penjelasanku. Hah mungkin ini masih terlihat aneh baginya tapi ini memang kenyataan yang akan Bima lakukan siang nanti.

* * *

"Eh Bim tumben amat sih lo, murung gini ada apa men?" tanya Davis saat kami makan siang di kantin Sekolah.

"Alah paling juga si Bima lagi galau di putusin sama si Desi pacar barunya itu" sambung Reno sok tau.

"Ah mana mungkin Bima galau karna cewek, yang ada dia yang selalu buat cewek-cewek pada galau iya aha ha ha" Tawa Diko yang di susul serempak mereka bertiga yang suaranya jelek benget menurut gue.

"Apaan sih kalian bertiga jangan pada sok tau deh ya, Bima galau karna cewek? Sorry ya itu gak ada rumusnya di hidup gue, kan gue tamfan jadi ya gue mah bebas mau milih cewek mana saja yang gue suka hanya dalam hitungan menit gue udah bisa dapetin tuh cewek" ucapku ketus.

"Ah lu mah dari dulu gak pernah berubah ya Bim, selalu aja jadi playboy yang gak berkelas" ejek Diko kesal. kulihat Davis dan Reno hanya manyun-manyun tak jelas. Gue puas banget deh bisa nimpalin ejekan mereka siang ini dan gue bisa tertawa penuh kemenangan.

"Eh Bim anak yang sama lo waktu ketemu gue di apotik itu siapa lo sih, penasaran gue soalnya gue gak pernah liat tuh anak sebelumnya asing banget gue liatnya" Tanya Davis penasaran. Tawaku langsung terhenti dan seketika wajahku berubah jadi datar.

"Bim! Biama? Ye ni anak aneh bnget sih di tanya bukanya jawab malah bengong"

Aku menaruh kedua sendok yang dari tadi ku pegang dan tak ada sedikitpun rasa lapar atau rasa ingin makan makanan yang ada di hadapanku saat ini.

"Dia adik angkat gue Vis dan dia saat ini kabur dari rumah gara-gara gue, padahal dia itu baik banget sama gue dan gue nyesel sudah jahat sama dia"

"Oh jadi si Putra Adik angkat lo?" Suara Davis penasaran. Aku hanga mengangguk tanpa suara.

"Bim tar siang kita cari yuk, kasian kan mau tidur di mana coba dia? Walau gue baru ketemu satu kali tapi gue tau tuh anak masih polos banget" Davis ko semangat banget ya mau ngajakin gue nyari Putra, kenapa dia peduli banget sama si Putra? Gumamku dalam hati.

"Iya Vis, nanti pulang sekolah niat gue juga gitu mau cari Putra, gue juga heran ma tuh anak gue telfonin dari tadi pagi gak di angkat-angkat gue jadi khawatir sama dia" Davis hanya manggut-manggut

"Eh Bim, lo mah gitu sama kita masa punya adek angkat gak pernah cerita sama kita-kita" Protes Diko dengan nada kesal.

"Eh tapi sorry ya Bim gue gak bisa bantuin cari Adek angkat lo, soalnya gue hari ini di suru pulang cepet ama Bokap gue, karna eyang gue datang dari jakarta dan kami akan menjemput eyang di bandara" jelas Reno yang merasa sedikit tak enak padaku.

"Yee.. Si Putra juga baru tinggal beberapa hari kok di rumah gue. Iya gak papa No lagian kan lu ada acara keluarga, woles saja men kan masih ada Davis dan Diko"

Tak terasa kami ngobrol di kantin lama banget dan bel sekolah pun sudah berbunyi, kami berempat segera menuju kelas

* * *

Ah sialan masih ada pelajaran tambahan lagi, ngeselin banget sih Pak Agus yang gak ganteng ini. Gue itu hari ini lagi buru-buru kali pak mau nyari adek angkat gue malah belajar lagi belajar lagi sebel gue ama ni Guru yang gak ganteng.

Gimana bisa konsentasi coba kalo gue lagi banyan pikiran gini, aduh.. Putra lo di mana? Udah makan belum? Lo baik-baik aja kan?. Sumpah gue khawatir banget sama lo Put. Pokonya kalo sampe lo kenapa-kenapa gue gak akan maafin diri gue sendiri, gue nyesel banget sudah jahat sama orang yang selalu baik dan perhatian ke gue.

Huf.. Akhirnya selesai juga nih jam pelajaran Pak Agus yang gak penting ini. Asal bapak tau ya, lebih penting gue nyariin Putra tau pak dari pada ngikuti pelajaran lo yang gak penting.

Aku duduk satu meja paling depan sama Reno sedangkan Diko dan Davis duduk di bangku nomor tiga di belakang kami.

"Bim sekali lagi sorry ya gue gak bisa ikut lo nyari adek lo, gue bener-bener udah di tunggu sama nyokap gue Bim" Suara Reno yang masih sibuk menyusun buku kedalam tasnya.

"Woles aja No, gue ngerti ko"

"oke deh gue duluan ya Bim?" aku hanya melontarkan senyum ke Reno.

"Wah karna kuta bertiga kalo pake dua motor keknya susah deh, mending kita kerumah gue aja dulu ya, tar kita sama-sama cari Putra pake mobil bokap gue aja" ajaku ke Davis dan Diko

"Yuk"

* * *

Aku dan Davis duduk di depan sedangkan Diko duduk di belakang. Aku mengelilingi jalan yang tadi malam di lalui sama papa berharapa hari ini Putra bisa ku temukan. Aku melirik kearah Davis ia sedang asik memainkan ponselnya. Aku kembali konsentrasi mengendarai mobil yang sedang kubawa dengan kecepatan yang tidak terlalu cepat. Aku menoleh kekanan dan kekiri berharap dapat kutemukan sosok Putra yang sedang ku cari.

"Bim lo kenapa tegang gini sih, lo tenang dong Bim lo kan gan sendirian ada gue dan Diko" Aku hanya diam tak menoleh kearah Davis, aku sangat ingin cepat-cepat bertemu dengan Putra dan minta maaf. Sudah bolak balik kami berkeliling namun masih saja tak ada tanda-tanda ketemu dengan Putra.

"Bim gimana nih sudah mau mahgrib tapi kita belum ketemu juga dengan adek lo" Tanya Diko yang sudah mulai bosan. Aku bisa melihat dengan jelas ekpresi wajah Diko dari kaca yang ada di atas kepalaku ini.

"Apaan sih Diko cerewet amat udah kek anak perawan jadul aja mahgrib udah harus di rumah, kasian tau adek nya si Bima kalo sampe gak ketemu dia kan gak tau jalan mau kemana coba?" Protes Davis ke Diko dengan nada kesal.

"Sudah-sudah jangan bertengkar!! Iya Diko nih Bima mau putar balik ko, Bima anterin kamu kerumah Bima ya" kulihat Davis hanya manyun-manyun tak jelas, pasti Davis kesal dengan sikapnya Diko barusan. Tapi Gue juga bingung banget sama si Davis, perasaan baru saja kenal dan ketemu juga baru satu kali kok bisa-bisanya dia sepeduli ini sama si Putra? Ah lupakan gak penting mikirin itu. Saat ini yang terpenting adalah gue harus nemui Putra hari secepatnya walau gimanapun caranya.

Kami saat ini sampai didepan rumahku, Diko segera turun dan menuju ke motor yang di parkir di halaman rumahku. Aku menoleh ke Davis.

"Vis gue gak mau masuk rumah, gue mau balik lagi nyari adek gue, lo mau ikut gue atau pulang juga kek si Diko?"

"Yaelah Bim pake di tanya segala, ya jelas lah gue mau ikut cari adek lo, gue kan sahabat setia lo masa gue ninggalin lo yang lagi kesusahan?" ucap Davis mantap. Aku hanya tersenyum dan kembali meluncurkan mobil kejalan yang berbeda.

Putra kamu di mana si Put, kamu jangan buat kaka panik dong. Masa dari tadi kaka telfon gak di angkat-angkat? Putra masih marah ya sama kak Bima? Maafin kakak Put kakak gak maksud gitu kekamu.

"Bim muka lo pucet banget dan lo dari tadi nelpon siapa sih kok serius amat?"

"Gue dari tadi nelfon Putra Vis tapi gak di angkat-angkat mungkin Putra masih marah kali ya sama gue sampe-sampe telfon gue gak di angkat padahal setau gue sih Putra gak tau nomor gue deh Vis"

"Yasudah mana nomornya biar gue yang coba telfon siapa tau di angkat". Aku menyodorkan hp ku ke Davis.

"Gue heran deh Bim kenapa si Putra gak mau angkat telpon dari kita ya?".

"Bukan cuma kita Vis dari kemaren mama juga tefon gak pernah di angkat, makanya gue khawatir banget dengan keadaan dia" Davis hanya manggut-manggut mengerti dengan maksudku.

Perasaanku semakin tak enak, Putra kamu di mana sih, kakak khawatir banget tau sama kamu. Hampir semua jalan sudah kulalui namun belum juga kutemukan Putra. Yang mempersulit adalah aku tak punya foto Putra yang seharusnya aku bawa dan tanyakan kepada warga sekitar, walau tak terlalu mempermudah namun sedikit bisa membantuku.

Hari semakin larut malam, namun masih saja usaha kami tak membuahkan hasil. Putra please kasi kakak kesempatan sekali lagi ya untuk bisa berkumpul lagi bersama kamu. Kaka janji akan sayangi Putra dan gak akan marah-marah lagi sama Putra. Kulihat sepintas ada seorang anak yang mirip sekali dengan Putra sedang duduk di depan ruko yang tlah tutup. Tentu saja aku kembali menoleh kearah anak itu. Seketika pula aku meminggirkan mobilku dan mengerem mendadak dan Davis pun terkejut.

"Ada apa sih Bim lo rem mendadak gini, bikin gue hampir jantungan tau" Protes Davis tak terima.

"Sudah jangan bawel mending lo turun ikut gue!!" Davis pun nurut saja mengekor di belakangku.

"Putra..!!" Panggilku teriak saatku hampir sampai menghampirinya. Putra terlihat amat sangat lemas duduk bersandar di depan pintu ruko

"Kakak" ucapnya lirih. Aku langsung meneteskan air mata penyesalan dan ku peluk erat tubuhnya yang lemah dan terasa amat panas.

"Putra kamu gak papa kan sayang?" tanyaku panik.

"Kak Putra laper kak" ucapnya yang nyaris tak terdengar. Aku melepas pelukanku dan memegang kedua bahunya.

"Yaampun Putra jadi sejak kamu pergi dari rumah kamu belum makan?" tanyaku cemas.

"Iya karna Putra gak punya uang buat beli makan kak" kini wajahnya terlihat semakin memucat, tangiskupun pecah karna merasa bersalah.

"Yaampun Putra kenapa kamu gak jual hp nya saja buat beli makan?" Tanpa menunggu jawabanya aku langsung menggendongnya ke mobil.

"Davis tolong bawain mobi gue ya, gue mau pangku Putra. Kita langsung kerumah sakit saja!!"

Saat ini Davis yang mengendarai mobil sedangkan aku duduk di belakang dan pahaku menjadi bantalan Putra. "Kak Putra laper kak".

"Sabar ya Put bentar lagi kita juga sampe kok nanti di sana Putra makan yang banyak ya!!"

"Vis tolong cepet sedikit ya kasian Putra!!" ku usah rambut di bagian kening Putra dan dan keningnya pun terasa sangat panas. Putra sabar ya bentar lagi kita sampai di rumah sakit kok, Putra harus kuat ya!

"Vis ayo lebih kenceng lag, Putra sudah gak sadar Vis!!"  

"Putra sudah gak sadar? Lo jangan main-main Bim".

"Gue serius Vis ayo tambah kecepatanya!!" Davis menambah kecepatan lagi dan dalam beberapa menit kamipun sampai di Rumah sakit. Para petugas Rumah sakit kini sibuk membawa Putra, Setelah Putra di bawa oleh tim perawat, aku langsung menelfon mama dan papa.

* * *

Aku dan Davis menuggu di kursi panjang kulihat mama dan papa jalan terburu-buru medekati kami.

"Ya ampun kenapa bisa jadi seperti ini Bim?" tanya mama yang baru saja tiba di rumah sakit.

"Ceritanya panjang ma"

"Gimana keadaan Putra Bim?" papa pun saat ini ikut panik.

"Putra masih di tangani sama dokter di dalam pa"

Kini kami semua panik dengan keadaan Putra, apalagi mama tak bisa duduk tenang, ia hanya mondar mandir di depan pintu kamar Putra.

"Gimana keadaan anak saya Dok?" tanya mama panik saat Dokter baru saja keluar dari kamar Putra.

"Anak ibu kondisinya sangat lemah sekali, dan detak jantungnya juga sangat lemah. kita sama-sama berdoa saja semoga Anak Ibu bisa melewati masa kritisnya. Permisi Pak, Buk"

Mama menatapa papa sengan tatapan rasa yang tak percaya. Astaga separah inikah Putra adiku? Gue bersumpah gak akan maafin diri gue sendiri kalo terjadi sesuatu dengan adikku Putra.

Kami semua masuk kekamaer rawat Putra, kini ia terbaring kaku di ranjang dan berselimut kain tebal. Kudekati tubuhnya kupandang wajahnya dan kemudian aku menoleh kearah mama. Mama pun masih saja mengeluarkan air mata kesedihan.

"Putra bangun Put, ini kak Bima Put. Kaka minta maaf ya kalo selama ini kak Bima jahat sama Putra Kaka menyesal. Putra ayo bangun jangan buat kaka khawatir lagi Put" Aku tak sanggup membendung air mata ku. Kubiarkan keluar dan kini aku menatap wajahnya dengan tatapan sedu.

"Ma, Pa Putra baik-baik saja kan ma?" mama tak menjawab pertanyaaku. Ia hanya menangis dan terus menangis

"Ma jawab dong ma!!"
"Sabar ya Bim!!" Davis mecoba menenangkanku.

"Gue sayang banget sama Putra Vis, gue gak mau kehilangan dia".

"Iya gue tau Bim, tapi lo harus sabar ya dan harus banyak-banyak berdoa!!"

***

Pagi ini aku terbangun dari tidur dalam keadaan duduk dan bersandar di ranjang Putra. Tubuhku terasa sangat pegal mungkin efek karna tidur dalam posisi yang tak benar. Kulihat Putra masih saja belum sadar, ia masih tertidur pulas. Aku pun bergegas pulang karna harus Sekolah.

Disekolahpun aku masih merasa kantuk yang amat sangat. Aku bersandar di meja dengan tangan kiri kujadikan bantal untuk kepalaku. "Hei Bim" sapa Reno ramah saat ia baru saja duduk dan menaru tas nya di meja. Aku hanya menguap dan tak menjawab sapaanya. "Lo kenapa sih Bim kok keknya ngantuk banget, semalem abis begadang ya?" tanyanya lagi.

"Iya Ren gue semalem hanya tidur sebentar karna nugguin Putra di Rumah sakit"

"Jadi Putra sudah ketemu Bim? Aku hanya mengangguk kecil.

"Wah kalo gita tar pulang sekolah kita langsung ke Rumah sakit ya Bim?" ajak Reno penuh semangat

"Gue juga rencananya abis sekolah langsung ke Rumah sakit ko Ren, kasian mama di sana sendirian"

* * *

Saat ini aku, Reno, Davis dan Diko tlah sampai di parkiran rumah sakit. Hatiku semakin dak dik duk tak menentu. Aku sudah tak sabar ingin melihat Putra. Ku harap Putra sudah sadar dan aku bisa melihatnya tersenyum kembali.

Kami langsung berjalan menuju kamar di mana Putra di rawat. Pada saat tepat di depan pintu kamar Putra Reno, Davis dan Diko memberhentikan langkahnya. Aku menoleh ke Davis yang ada di sebelah kiriku, ia pun menganggukan kepalanya.

Dengan ragu kupegang gagang pintu dan ku putar. Aku berusaha memasang wajah senyum. Saat pintu tlah terbuka senyumku hilang ntah kemana, karna kulihat Putra masih saja terbujur kaku di ranjangnya. Aku masih diam terpaku manatapnya dari sini, sedangkan Davis, Reno dan Diko tlah berlalu meninggalkanku.

Dengan berat akupun melangkahkan kakiku dan mendekat ke mama dan yang lain. Aku duduk di sebelah mama disebelah kanan Putra. Sedangkan Davis, Reno dan Diko berdiri di sebelah kiri Putra.

"Put, kenapa kamu belum sembuh, kenapa kamu belum membuka mata? Kenapa kamu belum bangun Putra? Apa Putra gak mau maafin kaka? Jangan buat kak Bima khawatir dong Put. Kakak sayang sama Putra dan kaka gak mau Putra kenapa-kenapa" Aku hanya mematap wajahnya dengan tatapan sedu.

"Gimanana keadaan Putra ma?" kutatap wajah Putra lalu ke mama. Mama tak menjawab pertanyaanku, mama malah semakin menangis dan menutup mulutnya dengan tangan kirinya.

"Ma, jawab ma!, jangan buat Bima semakin takut dong ma!!" ucapku sedikit meninggi.

"Kata Dokter-" mama diam tak melanjutkan perkatanya, ia masih saja menangis tersedu.

"Kata Dokter kenapa ma?" tanyaku makin penasaran. Aku masih menatap wajah mama, aku masih menunggu sampe mama mau berbicara apa yang akan dikatakanya yang terputus tadi.

"Kata Dokter belum ada kemajuan sayang, Putra masih belum melewati masa kritisnya"

"Astaga" lagi-lagi Putra berhasil membuat ku meneteskan air mata dan dadaku terasa sesak mendengar perkataan mama barusan.

"Putra ayo bangun Put, kamu gak mau maafin kak bima apa? Maafin kakak Put kaka menyesal udah ngelakuin semua ini sama kamu" aku langsung memeluk mama dan tangisankupun pecah di pelukanya.

"Ma, Putra gak papa kan ma? Putra bakan sembuh kan ma? Putra bakalan kembali sama kita lagi kan ma? Bima takut ma, Bima gak mau Putra kenapa-kenapa, Bima sayang sama Putra ma"

"Iya sayang, Putra bakalan baik-baik saja kok dan Putra pasti akan kembali lagi dengan kita" mama berusaha menenangkanku dan mengusap punggungku dengan penuh kasih sayang.

Mama melepas pelukanku dan menghapus air mata dipipiku. "Put maafin kak Bima ya, kakak memang bodoh telah menyia-nyiakan orang yang tulus sayang sama kaka kalo saja waktu dapat di putar kembali kaka ingin waktu berhenti berputar saat Putra mau menyuapkan sesendok bubur kemulut kaka, karna pada waktu itu Putra bele-belain gak masuk sekolah hanya demi menjaga kaka yang lagi sakit, sedangkan pacar kaka aja gak pernah peduli sama kaka Put"

"Ma Bima janji ma, kalau Putra sudah sembuh Bima akan selalu sayang dan juga akan selalu jaga Putra Ma" mama mengusap bahuku dan tersenyum

"Bima dan Tante yang sabar ya, ini semua cobaan dari Tuhan, jujur Davis juga ikut sedih kok Tan liat keadaan Putra seperti ini"

"Iya Tan yang sabar ya, Reno doahkan supaya Putra cepat sembuh ya" Diko tak ikut mengeluarkan suara ia hanya manggut-manggut saat Reno berbicara barusan.

"Makasih ya Ren, Vis dan Nak Diko sudah mau repot-repot datang kesini"

"Siapa bilang ngerepoti Tan kita seneng ko bisa jenguk Putra, tapi maaf ya tan Reno gak bisa lama-lama karna eyang baru datang dari jakarta jadi mau ada acara keluarga" jelas Reno panjang lebar.

"Iya gak papa kok nak Reno, sekali lagi terima kasih ya"

"Ma Bima juga pulang dulu ya ma, mau ganti baju nanti Bima langsung kesini lagi kok ma"

"Hati-hati ya sayang!!"

* * *

"Gimana keadaan Den Putra Den?" tanya Bik Tati saat baru saja membukakan pintu untukku. "Putra masih kritis bik" ucapku sambil berlalu. "Aduh, jadi Den Putra teh sakitnya parah Den?" bik Tati selalu jalan mengikutiku mungkin ia belum puas tanya tentang kabar Putra. Soalnya kan Putra itu deket banget ama Bik Tati, jadi wajar saja kalo bik Tati keponya setengah mati.

"Ye.. Si Aden di tanya malah bengong"

"Iya bik Putra lumayan sih kan udah di bilang masih kritis" ih ni orang hobi banget ya kalo disuru ngomong gak tau orang cape apa.

"Kalo gitu, bibi boleh ikut jenguk Den Putra Den?"

"Apaan si bibik, terus yang tunggu rumah siapa?" tanyaku kesal.

"Kan ada mang Didin den"

"Ah gak boleh apaan sih bibik, udah ah Bima mau mandi dulu tar Bima mau kerumah sakit lagi" kulihat bik Tati hanya manyun-manyun tak jelas, haha pasti dia kesal tak ku izinkan nengokin Putra. Lagian tugas dia kan di rumah malah mau kluyurah, ah bodo amat dah Bima mau mandi Dulu.

* * *

Jam istirahat sekolah

Aku duduk di bibir bangku yang ada di bawa pohon dengan kedua tanganku menahan di sebelah pahaku masing-masing. Aku sedang merenungi nasip Putra yang tak kunjung siuman. Ini sungguh tak adil, orang sebaik putra mendapat cobaan seberat ini, padahal seharusnya aku yang berada di posisi Putra saat ini karna aku yang selalu kejam padanya. Kenapa ya kalo orang baik, pintar, penyayang dan tulus pasti cobaan hidupnya berat. Kenapa orang jahat selalu menang? Ah ini sungguh tidak adil, tapi entahlah aku pun tak mengerti tentang semua ini.

"Bim" Suara seorang lelaki dan menepuk pundaku dari belakang. Seketika aku menoleh kearahnya, ternyata Davis yang menyusulku di sini. Davis langsung duduk di sebalahku.

"Bim, gue heran sama lo" Aku menoleh ke Davis dan kembali ke posisi ku semula.

"Heran kenapa Vis?" aku masih saja menatap kedepan dengan tatapan kosong.

"Kok sifat lo tiba-tiba berubah jadi cengen guni Bim? Kita itu sudah lama bersahabat dan gue tau banget gimana sikap lo selama ini. Apa lagi pas di rumah sakit kemaren lo itu cengen banget tau gak, padahal kan selama ini gue belum pernah liat lo nangis apa lagi manja-manjaan itu bukan Bima banget"

"Gue juga bingung Vis kenapa gue bisa berubah drastis gini, tapi yang pasti gue sudah lebih baik kan dari sebelumnya?" tanyaku dan menoleh kearahnya.

"Iya sih, tapi masa si Bim lo gak tau asalnya? Bukankah ada akibat karna ada sebab?" sejenak aku berfikir mencerna kalimat Davis barusan

"Oh, baru tau gue sekang Vis, ini semua karna Putra. Dia yang secara tidak langsung mengajarkan gue banyak hal. Dia itu orangnya sederhana, rajin perhatian, penyayang dan juga tulus. Gue suka banget ama kepribadianya, dan gue janji Vis kalo dia udah sembuh nanti, gua bakalan jagain dia dan bakalan sayang seperti adek kandung gue sendiri"

"Semoga Putra cepet sembuh ya Bim" ucapnya menepuk pundaku.

"Thanks ya Vis, lo memang sahabat yang baik" Davis hanya tersenyum kecil.

"Bim kantin yuk laper ni gue, lo gak laper apa?"

"Lah Reno sama Diko memangnya pada ke mana Vis kok tumben gak ikut gabung?"

"Hei Kak Bim" Ucap Desi yang tiba-tiba datang menyapaku, sedangkan Davis sepertinya sudah enggan menjawap pertanyaan gue barusan. Karna entah kenapa Si Davis itu benci banget kalo liat geu lagi deket dengan Desi, dan kalo di tanya dia selalu tak mau jawab.

"Bim gue duluan ya!" Tanpa menunggu jawabanku Davis langsung saja pergi meninggalkanku, arrgghh kenapa sih tuh anak aneh banget tingkahnya kalo gue deket sama Desi.

"Hey Des" jawabku singkat. Desi lalu mendekat dan duduk di sebelahku, ia duduk di posisi menggantikan Davis hanya saja Desi duduk menghadap kearahku.

"Ko jetek amat sih yank" Tanya Desi yang sambil memeluk satu tanganku.

"Apaan sih peluk-peluk, ini tempat um malu tau!!" protesku dan melepaskan pelukan tanganya.

"Kamu kenapa sih yank? Kok akhir-akhir ini beda banget?"

"Lo mau tau kenapa? Lo itu cewek yang gak tau malu banget ya masih tanya kenapa. Waktu gue sakit lo kemana? Adek gue juga sakit lo gak pernah simpati sedikitpun ke gue, cewek macam apa lu? Dan asal lo tau ya, gue bisa dapetin lebih dari sepuluh cewek kayak lo, ngerti!!" Aku langsung pergi meninggalkan Desi yang masih diam terpaku. Kulihat ia hanya menundukan kepalanya. Mungkin karna dia merasa bersalah kali makanya ia gak bisa jawab pertanyaan gue alah bodo amat apa peduli gue, dia juga gak pernah peduli ama gue.

***

--DAVIS POV--

Ah bete banget gue sama Desi ngapain coba pake acara nyamperin gue ama Bima segala? Ngeselin banget sih. Oke gue tau lo cantik itu sih seleranya si Bima, tapi asal lo tau ya gue kaga ada nafsu ama lo Des, gue lebih suka sama Bima dan juga Putra abis mereka keduanya cakep sih. Aku terus berjalan menuju kantin karna kurasa perutku sudah sangat laper. Aku hanya memesan makanan ringan saja, soalnya lagi gak nafsu makan karna mikirin Putra.

"Kalo gue gak bisa dapetin si Bima, gue bakalan pacarin tuh adeknya yang masih polos haha jahat banget ya gue?" gumamku dalam hati. Alah mana ada sih maho yang baik, apalagi jaman sekarang yang ada itu pada modus semua. Tapi gak papalah toh gue gak kalah cakep sama si Bima dan Putra. Sejak pertama bertemu Putra aja senyumnya langsung buat gue klepek-klepek, haha apaan sih lo Davis alay banget dari tadi ngayal mulu bawaanya mimpi kali mau dapetin Putra apalagi sekarang Bima udah sayang banget sama si Putra gue musti hati-hati nih kalo ketahuan bisa-bisa di hajar deh gue abis-abisan sama si Bima.

Akupun langsung melanjutkan makanku. nanti pulang sekolah kan gue mau ikut Bima lagi jengukin adeknya dj Rumah sakit.

"Woi Vis" Ucap Reno yang mengagetkanku.

"Dih apaan si lu Ren ngagetin gue aja tau gak" Protesku tak terima.

"Lagian lo makan serius amat, lagi mikirin apaan sih?" tanya Diko dan menaikan bulu alisnya.

"Apaan sih lu lu pada datang-datang ngawur aja geje banget tau gak" aku kesal dengan kedatangan mereka berdua yang selalu kepo dengan urusanku.

"Ye.. Gitu aja ngambek tar jeleknya ilang loh" ledek Reno

"sialan lu Ren gue mah cakep kali" timpalku kesal.

"Hah, cakep darimananya? Dari hongkong? Hahaha"

"Udah-udah jangan pada berantem napa" lerai Diko mendinginkan suasana.

"Eh Dik pulang sekolah nanti lo pada mau jengukin Putra lagi gak?" tanyaku ke Dika

"Wah keknya hari ini gue gak bisa Vis, soalnya habis pulang sekolah gue, mama dan papa bakalan kerumah tante gue dan mau nginep di sanah, kan besok minggu"

Aku hanya menganggu menanggapi penjelasan Diko. "Kalo lo giman Vis?"

"Eh gue juga gak bisa Vis, biasa eyang gue itu lagi bawel-bawelnya, cucunya sampe-sampe gak di bolehin kluyuran sepulang sekolah, haha maklum gue kan cucu kesayangan"

"Hahaha parah banget tuh Ren eyang lu sampe kaya gitu, udah kaya anak cewek aja lu mah di perlakuinya" aku tertawa lebar mendengar jawaban Reno.

"Sialan lu Vis" ucapnya kesal

"Eh ngomong-ngomong Bima mana Vis?"

"Tadi si Bima sama Gue Ren tapi gue tinggalin gara-gara ada si Desi pacarnya si Bima yang sok kecantikan itu loh"

"Eh lu ngomong biasa aja dong Vis gak usah pake monyongin mulut segala kali" Protes Diko tak terima.

"Eh tapi kenyataanya memang ngeselin tau Dik"

"Hahaha sudah-sudah buruan makan nya bentar lagi masuk loh"

* * *

--BIMA POV--

Jam pulang sekolah

Aku dan Reno berjalan menuju parkiran motor. Sedangkan Davis dan Diko ntah kemana belum kelihatan batang idungnya.

"Eh Bim kemana aja lo gue cariin dari jam istirahat bilangnya mau ke toilet sebentar tapi malah gak nongol-nongol" tanya Reno.

"Maaf Ren gue tadi lagi pengen sendiri aja jadi ya gitu" Reno hanya mengangguk kecil.

"Oya Bim sorry ya hari ini gue gak bisa ikut lo kerumah sakit, soalnya Eyang gue yang baru datang lagi bawel banget sampe-sampe gua gak dijinin maen sepulang sekolah"

"Iya Ren gak papa kok, gue juga ngerti pasti eyang lo masih kange sama lo makanya lo gak di ijinin main, pengen selalu deket-deket ama cucunya yang ganteng ini kali" godaku ke Reno.

"Ah lu mah ada-ada aja Bim, tapi kek nya iya sih, apa lagi pas baru datang masa gue di cium abis-abisan katanya cucu eyang cakep banget ternyata sudah besar ya, huh bikin gue kesel tau gak Bim, gue udah gak mau eh masih saja di peluk sama di cium bertubi-tubi kan gue malu jadinya"

"Itu tandanya eyang lo sayang ama lo Ren dan lo harus bersyukur!!" kulihat Reno hanya manyun tak setuju dengan tanggapanku.

Tung!! Nana BBM ku berbunyi. Aku segera merogoh saku celanaku dan membukanya.

Mama.
Bima sudah pulang sekolah belum, kalo sudah buruan kerumah sakit mama ada urusan penting di kantor.

Bima Atma wijaya.
Ini Bima Baru keluar ma, mama tinggal aja gak papa, Bima langsung kerumah sakit kok.

"Ren gue duluan ya, mama sudah nungguin gue di rumah sakit"

"Oke hati-hati ya sob!" aku hanya tersenyum kecil dan berjalan lebih cepat menghampiri Motorku.

"Bim tunggu Bim!" kudengar ada seseorang yang memanggilku. Aku menoleh kearahnya ternyata Diko dan Davis.

"Ada apa Dik?" Diko sedikit berlari menghampiriku.

"Bim maaf ya gue hari ini gak bis nemenin lo jenguk Putra, soalnya sepulang sekolah gue ama bonyok mau kerumah tante mau nginep di sana"

"Iya gak papa ko Dik, kan masih ada Davis yang nemenin gue"

"Sekali lagi sorry ya Bim"
"Yaelah biasa aja kali Dik" sahut Davis.
"Sudah-sudah jangan ribut! Udah gak papa santai aja. Gue dan Davis duluan ya Dik"

* * *

Sesampai di Rumah sakit aku sudah tak menemui mama, aku yakin kalo mama sampe meninggalkan Putra pasti uruasan di kantor sangat penting. Karna kalo gak mama gak bakalan ninggalin Putra sendirian di sini. Aku dan Davis segera melihat keadaan Putra. Ternyata Putra belum juga siuman. Aku mengambil nafas panjang melihat keadaanya yg seperti ini.

"Put, kamu kok betah banget ya tidur lama-lama? Kamu gak mau main ama kaka apa? Kaka kangen Put sama kamu" ku usap keningnya yang sedikit tertutup oleh rambut poninya.

Tok tok tok

Aku mendengar suara ketukan pintu.dengan segera aku membukanya. Kutemui dua anak laki-laki dan yang satu membawa buah-buahan segar.

"Maaf kak apa benar ini kamar rawatnya Putra?" tanya anak itu.

"Iya benar, kamu siapanya?"

"Aku Tio teman sebangkunya dan ini Edo teman Putra juga kak" ucap nya memperkenalkan

"Oh ayo silahkan masuk!" aku mempersilahkan keduanya.

"Ini kak Ada buah buat Putra" ujar Edo yang sambil menyodorkan buahnya padaku.

"Maaf ya kak baru jenguk soalnya baru dapat kabar kalo Putra masuk rumah sakit" sahut Tio.

"Iya gak papa ko, makasih ya udah mau pada datang"

"Oya kak gimana keadaan Putra?"

"Putra masih kritis Do, Do'ain Putra ya biar cepat sembuh!" Edo hanya manggut dan tersenyum.

"Oya kak maaf ya gak bisa lama-lama soalnya aku dan Tio ada tugas kelompok" jelas Edo dan berpamitan.

"Oh yasudah hati-hati ya di jalan!" Edo dan Tio segera berlalu dan menghilang setelah menutup pintu.

(Bersambung...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar