Kamis, 14 Januari 2016

KAKA ANGKATKU
Part 04
By: Aby ILham Anggara

--

--BIMA POV--

"Sudahlah Bim jangan murung terus sabar yah, kita berdoa saja untuk kesembuhan Putra" Davis mendekatiku dan mengusap punggungku.

"Gimana gak murung Vis gue ngerasa bersalah banget sama Putra dan dia seperti ini itu karna gue" Aku masih menatap Davis lekat-lekat.

"Iya Bim gue tau, tapi kan kita hanya bisa berdo'a dan keputusan ada pada Tuhan"

"Aku saat ini sangat rapuh Vis dan-"

"Hussst" Davis memotong pembicaraanku yang belum selesai dan menaruh satu jarinya di bibirku.

"Bim jangan ngomong gitu lagi ya, lo gak sendirian ko dan gue bakalan selalu ada buat lo dan Putra" Aku tersenyum mendengar kata-kata Davis barusan dan hatiku terasa sesikit tenang.

"Gimana keadaan Putra Bim?" tanya papa yang baru saja datang.

"Putra masih belum sadar Pa, loh kok papa sendirian mama mana pa?" aku mencelinguk di belakang yang tak kudapati kehadiran mama.

"Mama masih ada urusan bentar, tapi nanti juga nyusul kok"

"Bim laper nih cacing didalam perut gue udah pada protes makan yuk?" Aku menoleh ke Davis yang sibuk mengelus perutnya, aku tersenyum melihat tingkah konyolnya.

"Yaudah yuk! Pa Bima mau keluar bentar ya pa?"

"Hati-hati ya sayang!!" aku masih saja belum pergi dan berdiri di dekat papa.

"Loh katanya mau pergi kok gak jadi?" tanya papa heran.

"Hehe bagi duit dong pa, duit Bima udah habis pa" Aku hanya cengengsesan ke papa. Ah seperti ini si papa sudah biasa mana mungkin papa gak ngasihku uang, apa lagi kan aku sudah baik dengan Putra dan aku yakin papa gak akan pernah rela melihat anaknya gak gaul gara-gara kurang uang karna papa kan gak mau keluarga Irwa Wijaya tercoreng di mata publik.

Papa bersegerah merogoh dompetnya dan memberiku lima lembar uang seratus ribuan. Akupun memerima uang itu dan memberi senyum terbaiku.

"Ah papa baik deh, Bima jadi tambah sayang sama papa" godaku ke papa.

"Ah kamu kalo lagi ada maunya saja muji-muji papa Bim"

"Tapi kan Bima beneran sayang tau ama papa, uda ah pa Bima pergi dulu ya pa, yuk Vis. Aku dan dan Davis berlalu meninggalkan Papa

* * *

"Bim kita satu motor berdua saja ya, gue lagi males bawa motor nih jadi lo ya yang bawanya"

"Ah lo kebisaan banget Vis dari dulu gak pernah berubah kalo jalan sama gue pasti lo selalu males bawa motor" Davis hanya cengengesan, ngeliat tigkahnya yang membut aku geram kujitak kepalanya.

"Aw sakit tau Bim" Keluhnya saat ku jitak kepalanya.

"Rasain abis bikin bete si lu" Davis masih saja mengusap kepalanya yang baru saja kujitak haha rasain lo, abisnya masa selalu gue yang bawa motor dan dia gak pernah mau bergantian, walau meski pakai motornya tetep saja gue yang selalu di suruh bawa, dasar si Davis pemalas.

"Woi ayo buruan naik jangan main hp mulu lo" bentaku ke Davis yang sedang asik mengetik di ponselnya.

"Iya iya sabar napa Bim bawel amat jadi anak, lo kalo marah-marah terus tar cakepnya ilang loh" Davis segara menaruh ponselnya dan duduk di belakangku.

"Yee gue itu cakepnya permanen tau, mana bisa ilang haha" Aku langsung menjalankan motor dan mencari tempat makan malam.

Lumayan bayak tempat makan yang tak jauh dari rumah sakit ini, namun belum ada yang mampu menggodaku untuk mampir dan makan disitu. Aku masih saja melajukan kendaraanku dengan tak terlalu ngebut.

"Bim lo mau cari tempat makan atau mau kemana sih, dari tadi kok lo lewatin mulu sih"

"Brisik amat lo Vis diam napa, belum ada yang srek gue"

"Alah lu itu udah kaya cari pacar aja milih-milih gitu, rempong amat sih idup lo"

"Haha jangan Bilang Bima ya kalo selera rendahan" Davispun diam tak menimpali lagi omonganku, dia kan selalu kalah kalo bicara dengan ku, abis dia tuh anaknya sok tau sih.

Nah ini baru tempat makan yang keren, aku langsung mbelokan motorku ke rumah makan itu.

"Tuh coba lo liat keren kan tempat pilihan gue?" Ucapku bangga. Davis masih sibuk merapikan switternya.

"Ah lu itu ya jadi orang selalu saja PD nya ampe stadium akhir Bim, untung saja lo cakep, keren dan berselera tinggi jadi gak malu-maluin, kalo sampe yang selera rendah mending kelaut aja deh"

"Haha siapa dulu Bima ..! Aku langsung membenarkan kerah bajuku yang sebenarnya tak perlu dibenarkan sih.

"Udah ah ayo masuk, perut gue udah laper dari tadi tauk!!" Ia langsung berlalu meninggalkanku.

"Yaelah lo jadi anak bawel amat sih Vis, ngidam apa sih nyokap lo?" Davis tak menjawab, akupun langsung berlari kecil menyusul Davis yang telah meninggalkanku di parkiran.

Davis langsung memilih salah satu meja yang ada di pojokan, ntah apa maksudnya akupun tak mengetahuinya.

"Rese lu Vis, masa gue di tinggalin di parkiran" ucapku kesal.

"Abis lu hobi amat ya ngomong udah kayak wartawan" Davis masih sibuk melihat menu makanan yang tersedian di meja.

"Sembarangan lo bilang gue udah kayal wartawan, gue itu cakep tau mana cocok jadi wartawan, kalo jadi foto model cowok-cowok keren nah baru cocok"

"Idih itu sih maunya lu kali Bim" timpalnya tak terima. "Biarin yang penting keren wek"

Aku memesan Ayam bakar kecap, sedangkan Davis memesan gurami pedas.

"Vis tar abis ini bantuin gue cari buku ya?"

"Memangnya mau cari buku apa Bim?" aku berfikir sejenak karna aku sedikit lupa dengan nama bukunya.

"Wooi, ditanya malah bengong lo Bim"

"Ah lo bikin konsentrasi gue bubar tau, gue itu lagi memikirkan buku yang pernah gue liat di meja belajarnya Putra dan gue mau beli buku itu yang vers terbarunya pasti Putra suka banget kalo gue beliin buku itu"

"Mikir si mikir Bim tapi gak musti bengong kaya gitu juga kali yang ada ayam yetangga pada mati tau" sialan Davis malah mengejeku.

"Uda ah pokonya tar abis ini kita ke toko buku ya, kalo sudah di sana ntar gue liat bukunya pasti inget"
"Idih jadi orang kok maksa"

Pesanan kami pun sudah datang, waw kelihatanya enak nih. Aku segera mencicipinya dan hem.. Benar saja rasanya sangat enak wajar saja kalau di sini sangat rame pengunjungnya. Kulirik kearah Davispun ia sangat menikmati pesananya tanpa ada suara sedikitpun. Aku melanjutkan makanku dan berfokus.

"Eh Bim cobain deh ikannya itu enak banget loh" Davis menyodorkan sesendok nasi dan ikanya kemulutku.

"Eh apaan lo Vis ini tempat umum main suap-suapan aja malu tau!" protesku tak terima atas perlakuanya. Davis hanya cengengesan.

"Njirr lo ah di bilangin malah cengengesan". Kami kemudian melanjutkan makan dan menghabiskanya.

"Eh Bim lu liat gak cowok dan cewek yang duduk di sebelah meja kita tadi?" suara Davis saat kita baru saja keluar dari rumah makan itu.

"Nggak Vis kenapa memangnya?" tanyaku heran.

"Yaelah kita kan lumayan lama di dalem jadi lu liatin apaan sih, masa orang duduk di sebelah kita aja lu gaj liat" Aku hanya mengerutkan dahi.

"Ituloh Bim yang cewek nya cantik banget dan cowoknya wow cakepnya dan keren abis, lu aja kalah deh kerennya" ucapnya penuh semangat.

"Yaela kirain ada apa gitu, trus loh ngiri ama mereka karna lo selalu jomlo?"
"Eh sialan lu Bim siapa yang iri?, gue itu lebih suka ngejomlo tau, soalnya kalo pacaran tuh ribet di larang ini, dilarang itu pokonya ribet lah, jadi ya mendingan gue jomlo. Gak kaya lu gonta-ganti cewek gak jelas banget, lagian ni ya kalo gua mau pacaran banyak ko yang nembak gue" Aku hanya tersenyum masam melihat tingkah Davis barusan.

"Udah ah lo itu kebiasaan nyinyir amat jadi cowok, orang gue cuma ngomong dikit lo jawabnya panjang lebar udah kaya pak Guru di sekolah aja, tapi Guru di sekolah juga gak gitu-gitu amat deh keknya. Ini ni efek kalo pas ngidam nyokap lo pengen makan pedeas kali ya jadi bawaanya mulut lo itu nyinyir aja kek mulut cewek yang ada tai lalatnya di atas bibir tau gak lo?"

"Sialan lu Bim, uda ah yuk buruan jalan!" Haha lagi-lagi Davis kalah kalo bicara denganku. Yaiyalah Bima mau di lawan ets nanti dulu.

* * *

Kami melanjutkan perjalanan ke Toko Buku. Aku menoleh ke kanan dan kiri mencari Toko Buku namun sampe sejauh ini belum menemukan. Gila di sekotaran daerah sini masa gak ada toko buku ya? Miskin amat sih pasti warga di sekitar orangnya pada bego kali ya? Kan orang pintar kan dari banyak membaca. Hadewh Bima sotoy banget sih lo, ya gak gitu juga kali kan mereka juga beli buku ke Toko Buku juga lah. Eh apaan sih masa gue ngomong sendiri di jawab sendiri udah mulai eror ni kayaknya gue.

Nah itutu di depan ada Toko Buku. Langsung saja deh ku belokkan seoeda motorku ke Toko Buku itu.

"Eh turun lo Vis udah sampe tau!" Ni anak dari tadi gak ada suaranya sama sekali bgapain aja sih selama gue bonceng di belakang.

"Iya iya bentar ino juga baru mau turun bawel lu ah Bim" Protesnya sambil mangunangun.

"Haha kenapa lo manyun gitu udah kek bibir ikan gurami yang lo makan tadi tau hahah" tawaku sangat lepas saat melihat ekprisi lucu si Davis.

"Udah-udah jangan banyak ketawa lu ntar gak tua-tua lu"

Krringgg..!!! Suara ponselkupun berdering, segera ku merogoh ponsel yang ada di sebelah kiri saku celana.

"Mama nelpon?" Dengan segera ku jawab panggilan masuk di hp ku.

"Halo ma?"
"Bim kamu di mana, buruan pulang, Putra nyariin kamu!"

"Apa ma? Putra nyariin Bima? Putra sudah siuman ma? Mama gak boong kan ma?" Tanyaku penuh antusias

"iya Bim Putra sudah siuman, kamu buruan pulang ya!"

"Alham dulillah, I.. Iya ma, Bima Pulang sekarang!" Aku memakai kembali helm ku dan memutar balik motor yang baru saja di parkierkan.

"Vis ayo buruan naik, kita gak jadi beli bukunya Putra udah sadar Vis" Jelasku penuh semangat.

"Lo serius Bim?" udah cepet naik lo kebiasaan mat aih nyinyir aja bawaanya.

Aku langsung melajukan kendaraan ku dengan kecepatan tinggi, rasanya tak sabar ingin melihat adiku yang selalu baik denganku utu. Put tunggu kak Bima ya, kaka kangen banget sama kamu Put, kaka sayang kamu.

* * *

"Putra!" Aku langsung berlari menghampirinya yang masih terbaring lemas di ranjang.

"Kamu sudah siuman Put? Kenapa kamu lama bangunya? Kak Bima kengen sama kamu Put" Putra hanya tersenyum mendengar ucapanku barusan, aku yakin ia sangat bahagia melihat perubahan sikapku yang sangat kontras dari bisasanya.

"Kak Bima dari mana aja, Putra kangen sama kakak" suaranya masih terdengar lirih Iapun masih terlihat sangat lemas namun Putra sudah bisa sidikit tersenyan.

"Tadi kaka abis makan trus rencanya mau cari buku, eh baru saja sampe di Toko buku mama telpon kaka jadi langsung pulang deh"

"Kak Putra seneng banget dengan sikap kak Bima yang sekarang" Putra terlihat mengeluarkan air mata, aku yakin itu air mata itu adalah air mata bahagia. Aku segera menghapus air mata yang baru saja mengalir di pipunya, karna aku tak mau lagi melihat sedikitpun ada air mata yang menetes dari mata indahnya.

"Put maafin Kak Bima ya, kalo selama ini kak Bima selalu jahat sama kamu, kaka nyesel banget Put dan mulai saat ini kaka janji kaka akan jagain kamu dan akan sayang sama kamu seperti adik kandung kaka sendiri. Gak boleh lagi ada air mata yang menetes dari mata kamu Put, kalo ada orang yang berani buat kamu menangis, kak Bima akan kasih dia pelajaran. kaka sayang sama Putra, Putra jangan tinggalin kaka lagi ya?" Putra hanya mengangguk kecil. mama dan papa pun tersenyum saling berpandangan.

"Kakak! Makasih ya udah mau baik sama Putra, Putra juga sayang sama Kak Bima" Aku langsung memeluk putra yang masih terbaring.

"Putra cepet sembuh ya, biar kita bisa main sama-sama" Aku langsung mengecup keningnya.

Makasih tuhan.. Akhirnya aku masih diberikan kesempatan untuk bisa merubah sikapku terhadap Putra, aku sayang dia dan aku gak mau kehilangan dia lagi. Semoga kebahagiaan ini akan selalu menyertai keluarga kami...

"Putra kamu cepat sembuh ya!!" Ucap Davis yang dari tadi diam mematung.

"Kak Da..vis ya?" suara Putra dengan nada ragu. "Iya ini kak Davis yang waktu kita ketemu di apotik beberapa hari lalu Put"

"Iya kak Davis itu baik loh Put, dia selalu bantuin kaka jagain kamu sepulang sekolah, Oya tada siang teman sekolah kamu juga datang lo" Putra memikir sejenak mungkin ia sedikit lupa. "Si Tio dan Edo bukan kak?"

"Iya, si Tio dan Edo. Tuh dia bawa buah buat kamu" Aku sambil menunjuk buah yang ada di meja sebelah Putra.

"Wah mereka baik banget sudah mau nengokin Putra disini"

Senang sekali rasanya bisa liat Putra tersenyum kembali. Aku janji Tuhan.. Aku akan jaga dia dengan sepenuh hatiku...

"Put sekarang kamu harus istirahat ya, kamu kan baru siuman kata Dokter kamu masih harus banyak-banyak istirahat!" lerai mama ke Putra.

"iya Put sekarang kamu istirahat dulu ya! Kak Bima pasti jagain kamu di sini kok" Putra pun mengangguk

* * *

Pagi ini aku baru terbangun dari tidurku. Putra dan Davis masih terlihat tertidur pulas, namun mama dan papa ntah kemana sudah tak kudapati kehadiranya. Kebiasaan ku dari dulu kalo bangun tidur pasti selalu mencari ponselku. Kubuka dan Kudapati sangat banyak sekali BBM yang masauk dari teman sekolah namun ada satu pesan dari mama dan langsung kubuka lebih dulu.

Mama
Bim, mama dan papa pulang bentar ya, mau ambil baju salin Putra, nanti siang mama kesana lagi. Jaga adekmu ya!!

Aku tersenyum melihat pesan dari mama. Mama gak usah khawatir ya, Bima pasti jagain Putra kok, karna Bima sayang sama adek Putra ma.

Aku segera ke toilet dan membasuh mukaku.

"Woi banguuu!!!!!" Teriaku di telinga Davis.Davis terkejut dan terbangun seketika.

"Apaan si lu Bim, pagi-pagi udah treak-treak udah kayak Ibuk-ibuk gak di kasih uang sayur aja" Protesnya kesal

"Abisnya lo itu dari dulu gak bisa apa kalo bangun gak telat? Kalo tidur uda kaya kebo aja tau gak"

"Ye suka-suka gue dong, orang gue ini yang ngejalani ini"

"Udah sana cuci tuh muka biar gak bau jigong!!" Davis berlalu ke toilet dengan muka kesal. Haha rasain lo pagi-pagi udah gue kerjain.

"Selamat pagi!" Ternyata ada dekter yang datang. "Pagi Dok" jawabku sopan.

"Ini resep yang musti di tebus!" Dokterpun memberikan selembar kertas padaku. "Baik Dok nanti pasti saya tebus"
"Terima kasih, permisi"

Sekalian keluar mending gue sekalian cari sarapan aja buat Putra.

"Vis gue titip Putra ya, gue mau cari sarapan nih" ucapku ke Davis yang baru saja kembali dari toilet.

"Tenang aja Bim, pokonya Putra aman deh kalo sama gue"
"Beneran ya, awas lo kalo sampe ninggalin Putra gue potong leher lo!!"

Aku bersegera keluar dan mencari makan dan menebus obat untuk Putra. Setelah semuanya tlah kudapatkan aku langsung kembali kerumah sakit, karna aku tak mau terlalu lama meninggalkan Putra.

"Putra kamu sudah bangun?" Ia tersenyum sangat manis.

"iya kak"

"Nih kaka bawain sarapan buat kamu, sekarang kamu makan yah!!"

Aku langsung mebuka dan menyiapkan sarapanya, perlahan aku menyuapkan bubur kemulutnya. Ternyata mulutnya Putra sangat kecil ya, padahal sudah sedikit saja masih tak bisa masuk semua. Namun tak masalah aku harus rajin dan sabar mengurus adik ku yang sedang sakit.

"Gimana Put kamu suka dengan bubur nya?"

"Iya kak Putra suka banget" Jawabnya mantap.

"Nah kalo gitu kamu harus makan yang banyak ya biar cepet sembuh dan abis ini kamu harus minum obatnya! Lagi ya buburnya ak..k ayo buka mulutnya yang besar kalo kecil gitu mana muat sendoknya"

"Ih kaka apaan sih kan mulut Putra memang kecil kak" Jawabnya kesal

"Eh adek nya kak Bima gak boleh manyun ntar cakepnya ilang loh" Putra lagi-lagi hanya tersenyum dan akupun membersihkan sisa bubur yang menempel di pinggir bibirnya.

"Yaelah enak amat ya jadi Putra di suapin, gue juga mau dong Bim di suapin" Davis mendekat kearahku dan membuka mulutnya. Aku menggelengkan kepala melihat tingkah anehnya.

"Apaan sih lu Vis udah kaya anak kecil aja minta di suapin!" Davis seketika menutup mukutnya dan menggaruk kepala.

"Yakan gue juga pengen di suapin kali Bim"

"Hahaha makanya lo cari pacar deh biar pas makan ada yang nyuapin gak kaya kemaren, masa lo mau nyuapin gue, gue kan bukan anak manja kaya lo kali"

"Iya ni kak Davis masa manja kaya Putra aja sih, kan Kak Davis udah gede" Davis hanya menggerutu sendiri sambil membuka bubur yang baru saja kubeli.

"Tuh Vis gak malu lo di katain sama si Putra?" Davis tak menjawab pertanyaanku, ia lebih memilih konsentrasi dengan apa yang sedang ia makan.

"Nah sekarang sudah selesai makan, waktunya minum obat ya Put?" Putra langsung menutup mulut dengan kedua tangannya, membuat aku mengerutkan kening.

"Loh kenapa kok mulutnya di tutup Put?"
"Putra gak suka sama yang namanya minum obat kak pasti pahit" Ternyata Putra anaknya suka di manja juga ya, beda banget waktu dia baru datang di rumah Wijaya dia terlihat sangat tegar dan mandiri, tapi ternyata dia sangat manja. Tapi tidak papalah, Bima pasti akan selalu manjain adek bima yang manis dan Cute ini.

"Putra harus minum obat ya, biar cepet sembuh memangnya Putra mau di sini terus?" Putra menggelengkan kepalanya

"Tapi kak, Putra gak suka sama yang namanya pahit" Putra menatapku dengan tatapan melas. Kasihan dia mungkin ia memang tak terbiasa dengan yang namanyan obat-obatan kali ya. Aku mengusap rambut di keningnya yang sedikit lembab.

"Cuma bentar doang kok pahitnya, kalo Putra gak mau minum obat kak Bima gak mau sayang lagi sama Putra"

"Yah kok gitu kak?, yadeh Putra mau" Meski ada sidikit perdebatan alhirnya Putra menyerah juga. Ia mau minum obat karna takut di jauhi olehku lagi? Haha berarti dia bener-bener sayang sama Bima sehingga ia lebih memilih mengalah dari pada di jauhi sama Bima.

Kubuka obat yang barusan kutebus dan kutuang segelas air kedalam gelas. Putra menatap obat yang ku bawa ditanganku dengan tatapan ngeri.

"Loh kenapa Put?"
"Kak obatnya banyak gak?" Ia masih saja takut. Cuma di suruh minum obat saja seperti orang ketakutan yang mau di jemput ajalnya.

"Gak banyak kok Put, cuma ada empat pil dan satu kapsul" Putra mengerutkan dahinya.

"Apaan lima gitu di bilang gak banyak?" Protesnya tak setuju. "Ets Putra gak boleh protes, tadi sudah janjikan?" ia hanya mengangguk kecil dan pasrah saat aku menyodorkan obat kemulutnya. Dengan cepat ia menyambar gelas yang berisi air ditanganku setelah obat kuberikan di mulutnya.

Setelah sarapan dan minum obat ia kembali berbaring di ranjangnya.

"Gimana keadaan Putra Bim?" tanya Papa yang baru saja datang.

"Putra baru saja selesai sarapan dan minum obat pa, mudah-mudahan saja Putra cepat mengalami kemajuan.

"Maksih ya, Bim udah mau jagain adek kamu" Ucap mama sambil mengusap rambutku.

"Tenang saja ma, Bima kan sudah janji Bima akan selalu sayang dan akan selalu menjaga Putra" mama pun tersenyum melihat kedua anaknya yang saling menyayangi.

"Permisi Pak, Buk kami akan melakukan pemeriksaan terhadap pasien" Ucap Dokter yang baru saja datang.

"Silahkan Dok!!"

Kami segera menjauh dari ranjang Putra sementara Dokter dan Suster mendekat dan segera melakukaan pemeriksaan. Aku selalu berdoa agar Putra cepat sembuh dan bisa segera melanjutkan sekolahnya.

"Gimana keadaan anak saya Dok?" Tanya mama tak sabar saat Dokter baru saja selesai melakukan pemeriksaan.

"Anak Ibu sudah membaik dan mengalami kemajuan yang luar biasa, nanti sore sudah boleh pulang" Jawab Dokter sambil tersenyum.

"Alhamdulillah" mama dan papa berpandangan dengan senyum bahagia terlihat di wajahnya.

"Permisi!"

"Silahkan Dok!"

Aku, Mama, Papa dan Davis sangat senang sekali mendengar kabar baik ini, karna nanti sore Putra sudah di bolehkan pulang. Kami langsung menghapiri Putra yang masih berbaring di ranjangnya.

"Put nanti sore kamu sudah boleh pulang" Suaraku antusias. "Iya kak Putra seneng banget Putra juga kangen sudah mau sekolah lagi" Senyum manis selalu menghiasi di wajah Putra saat ia terlihat senang, syukurlah akupun sangat bahagia melihat keadaanya yang sudah membaik.

"Tapi putra masih harus banyak istirahat ya, Mama seneng banget denger kabar ini Put"

"Ia ma, Putra juga seneng ko"

Papa mengusap kening Putra penuh kasih sayang. Dapat kurasakan mama dan papa tak pernah membedakan memberi kasi sayang kepada Bima dan Putra karna mereka menganggap Putra juga sebagai anak kandung mereka.

* * *

"Akhirnya kita bisa sama-sama lagi di kamar ini. Mama dan papa mengantar Putra sampai kekamarku. Putra berjalan pelan dan melihat sekeliling ruangan di kamar ini kemudian duduk di tepi ranjang.

"Loh kenapa Put? Kok seperti baru pertama kali masuk kamar ini?"

"Putra kangen sama kamar ini kak"

"Wah Den Putra sudah Pulang ya? Gimana atuh udah bener-bener sehat nya? Aduh kok bisa jadi gini atuh den kenapa pake kabur-kabur segala bibi teh sangat khawatir waktu den Putra kabur. Tapi Maaf den Bibi gak bisa jenguk aden di rumah sakit, bibi Teh sibuk ngurusin dan jagain rumah" Aku terkekeh melihat tingkah Bik Tati yang sangat heboh seperti orang yang terpisah bertahun-tahun dan baru bertemu saja.

"Iya gak papa kok Bik, Putra juga sudah sehat kok"

"Aduh syukur atuh den, Bibi teh seneng ngedengernya kalo gitu, jangan kabur-kabur lagi atuh den kasian Tuan dan Nyonya nyariin aden terus waktu aden kabur"

"Iya bik, Putra janji akan jadi anak yang baik kali ini dan gak akan buat mama dan papa cemas lagi" Putra memang orang yang murah senyum. Ia selalu tersenyum manis dan senyumanaya bisa membuat orang yang melihatnya merasa damai.

"Yasudah kalo gitu Putra istirahat ya, Mama mau mandi dulu" mama dan papa lalu meninggalkan kami, Dan bi Tati pun mengekor di belakangnya.

"Loh kak Davis mana kak, kok gak ikut kita?" Putra baru menyadari bahwa dari tadi Davis memang sudah lagi tak bersamanya.

"Kak Davis sudah Pulang kerumahnya, soalnya kan dari kemaren kak Davis belum pulang kerumah, jadi tadi di telpon sama mamanya" Putra hanya ber 'o'

"Eh ya Put kaka mau tanya nih kenapa waktu kemaren mama dan kak Bima telfon kok gak di angkat? Kamu masih marah sama kak Bima?" Putra malah senyum tersipu malu.

"Ditanya malah senyum-senyum" Tanyaku lagi

"Maaf kak, Putra belum bisa mainin hp, pas hp selalu bergetar juga Putra gak tau musti diapain" Jawabnya dan langsung menundukan kepalanya.

"Whatt? Jadi kamu gak bisa mainin ponsel Put?" Putra hanya menganggukan kepalanya.

"Kenapa gak minta ajarin kaka?"

"Yaelah gimana mau minta ajarin kaka, orang Putra gak ngapa-ngapain aja kaka selalu bentak Putra, apalagi Putra bilang minta di ajarin hp sama kaka, yang ada Putra kena ocehan iya"

"Iya deh maafin kaka ya Put, sikap kaka kemaren memamang keterlaluan" Aku langsung meluk putra yang sedang duduk di ranjang, ia pun dengan ragu membalas pelukanku. Yasudah sekarang Putra istirahat dulu ya tar malem kaka ajarin Putra main hp. Aku membaringkan Putra diranjangku dan menyelimutinya dengan selimut tebal. Aku langsung meraih handuk dan menuju kamar mandi.

* * *

"Loh Putra mana kok gak ikut makan sama kita Bim?" Tanya mama disela-sela makan.

"Putra masih pengen istirahat ma, mama tenang deh nanti Bima yang suruh dia makan mama gak usah khawatir ya!"

"Jangan lupa obatnya juga di suru minum ya Bim!"

"Tenang pa percaya deh sama Bima pasti semua beres" Aku segera menghabiskan makanan yang ada di piringku dan membawakan makan malam untuk Putra.

Saatku masuk kamar, Putra sedang sibuk memaikan ponselnya, entah apa yang dilakukanya namun ia cukup konsentrasi sehingga kedatangankupun tak ia ketahui.

"Put makan dulu ya! Abis itu minum obat" Aku menaruh makanan yang kubawa dan membantunya duduk di ranjang.

"Kak masa minum obat terus sih sampai kapan memangnya?" Hadew ni anak kok nanyanya gitu ya, terlihat sekali kalo ia sangat malas sama yang namanya minum obat.

"Sampai kamu benar-benar sehat lah Put"
"Eh kaka apaan orang Putra sudah sehat gini kok" Protesnya sambil manyun-manyun.

"Iya tapi Putra belum seratus persen sehatnya jadi sekarang makan ya, nih kaka suapin buka mulutnya!!" Perlahan Putra membuka mulutnya dan sesuap nasipun berhasil masuk kemulutnya.

Ini anak kalo di perhatiin lucu juga ya, suka ngambek dan suka manja. Haha sangat kontras sekali dari biasanya. Kalo biasanyakan Putra yang selalu ngalah sama Bima, tapi kali ini Bima mau jadi kaka yang baik yang selalu menyayangi adiknya.

"Lagi ya Put, ayo buka mulutnya!"

"Uda ah kak Putra udah kenyang"

"Loh baru saja berapa suap ko udah kenyang? Sekali lagi ya?" Putra menggeleng kan kepalanya.

"Ih kaka apaan sih orang Putra udah kenyang masa di paksa suru makan terus"

"Yasudah kalo gitu sekarang Putra minum obatnya ya!" walau Putra sangat tak suka minum obat namun ia tak bisa menolaknya ia hanya mengguk pasrah. Aku menyodorkan beberapa pil dan kapsul yang biasa di minum olehnya. Dengan ragu akhirnya Putra meminumnya.

"Kak pait banget sih ni obat?" Ucapnya sambil menyodorkan gelas ke arahku. "Yaelah Put masa cowok takut sama pait sih cemen amat!"

"Eh kaka sembarangan bilang Putra cemen, Putra itu memang gak suka sama yang pait-pait kak bukan gak brani gimana sih kaka" Protesnya dan Ia cemberut memonyongkan bibirnya.

"Ye ni anak ngeles aja kaya bajaj, adek kak Bima gak boleh ngambek mulu ah tar gak keliatan manis lagi loh" Putra melirik kearahku.

"Apaan sih kaka uda ah katanya mau ngajarin Putra main hp, mana?"

"Iya iya bawel sini mana hp nya kak Bima ajarin" dengan semangat ia mengambil hp nya dan duduk di sebelahku. Denagn rajin dan telitih aku menjelaskan satu persatu menu dan fungsi dari aplikasi yang di tawarkan oleh ponselnya. Kasihan si Putra di jaman se modern ini belum pernah punya hp dan juga belum tau cara menggunakanya.

"Kak kalo mau mutar musik gimana sih? Putra suka liat Tio mutar musik di hp nya dan sebenernya Putra pengen nanya sama Tio tapi takut dikatain kampungan jadi mending Putra diam, ya walau memang kenyataan si tapi tetap saja kan Putra malu kalo ketahuan gak bisa mainin ponsel" Aku terkekeh mendengar penjelasanya barusan. Ini anak ko polos banget ya hadewh Putra-Putra selalu membuat aku tertawa geli dengan sikapnya.

"Ye kan ada pepatah mengatakan, malu bertanya sesat di jalan, ya kalo Putra malu ya sampe kapan juga gak bakalan bisa lah"

"Is kaka malah ngeledek, tapi kan liat-liat juga kali kak apa yang mau di tanyakan, lah kalo Putra nanya sama Tio cara memutar musik di ponsel yang ada Tio ketawa sambil guling-guling iya" Aku semakin terbahak-bahak mendengar angannya yang belum tentu. Tapi keknya memang iya sih kalo jaman sekarang anak SMA nanya gitu kan kudet banget hadewh Putra ada-ada saja sih.

"Yasudah sini kaka ajarin. Kalo mau muter musik pertama buka menu trus cari tampilan menu yang berlogo nada! Nah ini yang gambarnya nada trus di klik/sentuh kek gini nah kemudian pilih lagu yang mau di putar dan klik sekali lagi.

"Oh gitu ya kaka? Trus kalo mau nelfon atau sms gimana kak?" Tanyanya lagi penasaran.

"Hadewh hari gini sms udah gak jaman kali, sekarang udah jamanya BBM dan Whatsapp. Yasudah sinih kaka ajarin dulu cara melakukan panggilan/nelpon. Pertama simpan dulu nomor teman kedalan daftar kontak, nah kalo sudah tinggal pilih nomor mana yang akan di telfon dan klik gambar gagang telepon!" Putra manggut-manggut tanda mengerti dengan yang kujelaskan barusan.

"Trus BBM itu apa kak?"

"BBM itu sama seperti menu pesan yang bisa mengirim pesan singkat (sms) hanya kelebihan BBM bukan hanya mengirim pesan teks, tapi juga bisa mengirim gambar atau foto dan juga rekaman suara kita bagi sesama pengguna BBM dan biaya pengguna aplikasi BBM juga di kenakan tarif KB data, nah kalo sms kan di kenakan tarif pulsa dan hanya bisa mengirim pesan teks doang.

"O..."

"Jangan lebar-lebar 'O' nya nanti kemasukan nyamuk baru tau rasa" Putra hanya tersenyum dan menatap kearahku sebentar dan kembali fokus ke hp nya.

"Sini kaka ajarin cara foto" Aku mengarahkan ponselnya ke wajahnya dan ku jepret beberapa kali dari sisi yang berbeda. Si Putra memang tak banyak gaya saat di foto mungkin karna dia tak terbiasa didepan kamera kali ya, tapi hasilnya tetap saja bagus walau di ambil dari sisi manapun.

"Nih Put hasilnya, adek kak Bima itu keren banget dan cute juga iya" Ucapku yang sambil menyodorka hp kearahnya. Putra memandangi fotonya sendiri dan beberapa kali diulangnya.

"Nah sekarang giliran Putra yang foto kak Bima ya?" Tanpa mendengar persetujuan dariku ia langsung menjepretku yang belum siap. Hadewh ni anak rese juga ya ternyata suka jail dasar si Putra. Ia melakukan tiga kali jepretan dan segera ia melihat hasilnya. Ia tersenyum-senyum sendiri melihat hasil cepretanya, aku hanya mengerutkan keningku dan mendekat penasaran dengan hasilnya.

"Coba kak Bima liat hasilnya"

"Wah kak Bima memang ganteng banget, pasti cewek-cewek banyak ya yang ngerebutin kaka ya?" Tanyanya dan menoleh kearahku.

"Ah kamu bisa saja Put, kak Bima tuh biasa aja kok"

"Biasa dari mana orang kaka cakep gini, kalo Putra cewek pasti Putra bakalan naksir dan suka sama kakak"

"Hahaha kamu bisa saja, sudah jangan muji-muji kaka terus tar kaka terbang repot kan gak bisa balik lagi?" Ni anak di bilangin malah mandangin muka Bima kaya gitu dasar adek yang manja. Tapi gak papalah Bima suka sama tingkanya.

(Bersambung...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar